Cara Menggunakan QRIS neobank, Praktis dan Transaksi Aman!

Sebagai generasi yang akrab akan teknologi dan hidup di tengah era internet, berbelanja atau melakukan transaksi tanpa menggunakan uang tunai (cashless) merupakan hal lumrah dan sudah menjadi gaya hidup sehari-hari. Sejak uang elektronik dan dompet digital marak di Indonesia, Bank Indonesia memperkenalkan Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS. Untuk itu, kamu harus tahu cara menggunakan QRIS dengan baik.

QRIS merupakan penyederhanaan serta standar sistem pembayaran menggunakan metode QR Code. Kehadiran QRIS diharapkan dapat semakin meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari proses bisnis yang ada, sehingga akan berdampak pada percepatan kebangkitan geliat perekonomian di Indonesia.

Untuk memperluas ekosistem digital, di bulan Agustus 2022 kemarin BNC menambahkan fitur QRIS pada aplikasi neobank. Tapi sebelum menggunakannya, Neotizen harus pahami dulu apa itu QRIS dan cara menggunakan QRIS yang aman.

Apa itu QRIS?

Salah satu kebijakan Bank Indonesia yang mendukung akselerasi sistem pembayaran non-tunai berbasis digital adalah Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS (dibaca KRIS). QRIS sendiri bukan aplikasi, melainkan kebijakan standarisasi QR Code Pembayaran sehingga satu QR Code dapat dibaca oleh seluruh aplikasi.

Tujuan QRIS adalah mengintegrasikan semua metode pembayaran QR code dari beragam Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) maupun perbankan via mobile banking. Sehingga transaksi digital menggunakan QR code menjadi lebih cepat, aman, dan mudah.

QRIS semakin memudahkan masyarakat, baik dari sisi merchant maupun pembeli karena cukup memiliki satu aplikasi dengan satu sumber dana pembayaran.

Baca Juga: Waspada Penipuan Online, Incar Perilaku Konsumtif Jelang Hari Raya!

Tujuan dan manfaat QRIS

cara menggunakan qris neobank

Dari penjelasan di atas tadi, tujuan QRIS adalah mempermudah transaksi digital baik dari sisi pembeli maupun sisi merchant, dan juga regulator karena semua pembayaran non-tunai diawasi dari satu pintu saja.

Terus, apa sih manfaat QRIS buat Neotizen?

  1. Jadi alat pembayaran digital di semua merchant (lintas platform) dengan limit Rp10.000.000 per transaksi
  2. Ada historical transaksi, jadi Neotizen bisa monitor pengeluaran
  3. Transaksi cepat tanpa uang kembalian
  4. Di situasi pandemi seperti saat ini, penggunaan QRIS lebih higienis karena menghindari kontak secara langsung
  5. Tidak ada biaya admin
  6. Banyak promo dari merchant

Cara menggunakan QRIS neobank

  1. Login ke aplikasi neobank
  2. Klik home, pilih fitur Scan QR
  3. Scan kode QRIS yang tersedia di merchant (kasir outlet, ojol, dll), atau ambil QR Code merchant yang sudah disimpan pada galeri handphone
  4. Cek nama penerima dan masukkan nilai transaksi
  5. Masukkan PIN aplikasi neobank dan transaksi berhasil

Biar aman, perhatikan hal ini saat menggunakan QRIS neobank

  1. Pastikan QRIS yang di-scan adalah milik merchant serta berlogo QRIS, dan periksa secara fisik QR Code tersebut asli dan tidak di tutupi
  2. Konfirmasi dan pastikan bahwa nama merchant yang muncul pada aplikasi neobank sama dengan nama QRIS milik merchant
  3. Jaga kerahasiaan dan JANGAN PERNAH memberikan PIN, Password atau Security Code aplikasi neobank kamu ke orang lain
  4. Waspada jika melakukan pembayaran menggunakan QR tanpa scan langsung dari handphone (misalnya dari media sosial, atau dikirim oleh seseorang), pastikan nama merchant yang ditampilkan di aplikasi sesuai dengan merchant tujuan pembayaran
  5. Setiap transaksi QR yang sudah dilakukan akan mendapatkan notifikasi transaksi via SMS, pastikan nominal transaksi dan nama merchant yang terdapat di notifikasi transaksi tersebut sudah sesuai dengan pembayaran yang sudah dilakukan
  6. Jika Neotizen menerima notifikasi transaksi, tapi tidak merasa bertransaksi, segera hubungi Customer Service BNC di nomor telepon 1500-190 untuk mengamankan akun kamu

Baca Juga: Waspada Modus Social Engineering Terbaru, Begal Rekening!

Nah, itu tadi sekilas pembahasan tentang QRIS serta cara menggunakan QRIS neobank yang perlu Neotizen ketahui. Sekarang sudah lebih paham tentang metode pembayaran ini, kan? Menggunakan QRIS neobank dengan cermat akan bikin transaksi kamu tetap aman dan praktis.

Tinggal scan, urusan pembayaran kamu sukses, deh. Transaksi anti ribet!

Jangan lupa buat update aplikasi neobank kamu dulu. Yuk, transaksi pakai QRIS aplikasi neobank sekarang!

***

PT Bank Neo Commerce Tbk berizin dan diawasi oleh OJK dan merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).