Jangan Lengah! Ini 7 Tips Aman Memakai Kartu Debit Virtual

Gaya hidup cashless yang didukung perkembangan teknologi dan perubahan perilaku Gen Z dalam mengelola keuangan membuat naiknya transaksi digital dan semakin menggerus minat transaksi menggunakan kartu ATM, kartu debit, hingga kartu kredit berbentuk fisik.

Kalangan Gen Z juga tumbuh di lingkungan dengan kemajuan ponsel cerdas dan internet yang melahirkan kebiasaan baru, khususnya dalam berbelanja dan memilih metode pembayaran tanpa uang tunai. 

Melihat tren dan tingkat digital savvy yang tinggi serta ramainya penggunaan dompet digital, QR, hingga kartu kredit contactless, belum lama ini Bank Neo Commerce memperkenalkan produk terbarunya yaitu kartu debit virtual.

Tapi apa sih kartu debit virtual itu? Amankah digunakan untuk bertransaksi? Neotizen wajib tahu, nih. Karena di balik inovasi tersebut, ada banyak muncul modus-modus penipuan terkait dengan penggunaan kartu debit virtual. Agar Neotizen tetap waspada, yuk kita bahas tips aman bertransaksi pakai kartu debit virtual.

Kartu Debit Virtual

Selain kartu fisik dengan konsep kartu debit pada umumnya, kartu debit virtual adalah kartu dengan bentuk digital dari kartu fisik. Kartu debit virtual adalah inovasi dalam bertransaksi dimana pada kartu tersebut penggunaanya tidak perlu dibawa-bawa.

Penggunaan kartu debit virtual dapat dilakukan secara online sehingga Neotizen tidak perlu khawatir karena akan mengurangi risiko dari pencurian atau kehilangan. Untuk mengaktifkan kartu debit virtual, Neotizen harus mengajukan kartu debit virtual terlebih dahulu guna mendapatkan kartu fisiknya. Setelah itu, baru kartu debit virtual dapat digunakan. Biasanya kartu debit virtual itu juga berisi semua informasi yang ditemukan dan tertera pada kartu fisik. Nah, Neotizen bisa melihat informasi tersebut pada aplikasi neobank.

Fungsi dari kartu debit virtual sama dengan kartu fisik dalam hal melakukan transaksi secara offline maupun online. Hanya saja perbedaannya bisa dilihat dari bentuk digital dengan adanya konsep cashless untuk semua jenis pembayaran. Hal ini dikarenakan transaksi pembayaran biasanya dilakukan secara non-tunai.

Tips Aman Bertransaksi

Kartu debit virtual merupakan salah satu dari platform pembayaran cashless yang sedang populer. Karena itu penggunaan kartu tersebut untuk melakukan sebuah transaksi semakin menjamur. Supaya keamanan bertransaksi semakin terjamin ketika Neotizen melakukan transaksi digital. Alangkah baiknya memperhatikan semua tips keamanan di bawah ini:

  1. Selalu gunakan jaringan internet yang aman

Saat Neotizen ingin melakukan transaksi online dengan kartu debit virtual. Sebaiknya pergunakan jaringan private yang berada pada device Neotizen. Hindari pemakaian jaringan Wi-Fi publik karena hal tersebut bisa saja menjadi langkah adanya pencurian data pribadi serta perbankan Neotizen.

Hindari pula melakukan transaksi dengan komputer/laptop publik, jika Neotizen  sudah terlanjur melakukan sebaiknya Neotizen menghapus semua data sekaligus password yang sudah tersimpan pada komputer/laptop tersebut.

  • Pastikan kartu debit virtual menggunakan sistem 3D secure

Saat Neotizen hendak bertransaksi menggunakan kartu debit virtual, perhatikan sistem 3D Secure. 3DS adalah singkatan dari Three Domain Secure yaitu teknologi sistem yang mampu memberikan perlindungan keamanan menjadi lebih baik. Ketika Neotizen hendak melakukan transaksi atau melakukan pembayaran pada sebuah situs belanja online, maka sistem akan meminta sebuah OTP atau One Time Password. OTP biasanya akan dikirimkan ke nomor ponsel milik Neotizen yang terdaftar. Sehingga hanya Neotizen yang bisa mengetahui kode OTP tersebut.

  • Jangan berikan kode OTP

Pastinya Neotizen sudah familiar sekali dengan yang namanya kode OTP, yaitu kode sekali pakai yang biasanya dipergunakan untuk verifikasi sebuah transaksi. Kode ini berguna untuk menjaga keamanan dari pemakaian kartu debit virtual ketika melakukan transaksi online. Neotizen Jangan pernah membagikan kode OTP pada orang lain karena kode OTP ini dapat dipergunakan oleh fraudster untuk membobol rekening digital yang Neotizen miliki.

  • Bertransaksi di tempat terpercaya

Ketika Neotizen berkeinginan melakukan transaksi digital menggunakan kartu debit virtual, alangkah baiknya hanya berbelanja pada tempat terpercaya baik itu untuk e-commerce ataupun merchant. Karena marak sekali kasus penipuan yang terjadi melalui transaksi online dimana pembeli tidak waspada saat menentukan pilihan penjual yang menyediakan barang sesuai keinginan mereka.

  • Memisah rekening

Tips paling aman dalam mempergunakan kartu debit virtual tentunya dengan memisahkan rekening. Strategi yang satu ini bisa Neotizen lakukan dalam pengelolaan dana dengan lebih baik. Dengan pemisahan rekening maka Neotizenpun bisa menyimpan tabungan supaya lebih aman. Bukan hanya itu saja, karena Neotizen nantinya bakalan terhindarkan dari resiko belanja berlebihan.

  • Ganti PIN dan password

Tips berikutnya adalah lakukan penggantian pin maupun password secara berkala. Tujuannya tidak lain untuk mencegah kode akses tersebar pada orang lain. Alangkah baiknya Neotizen mempergunakan angka, tanda baca, bahkan huruf unik supaya nanti kode aksesnya tidak mudah ditebak oleh orang lain. Usahakan pula membedakan antara PIN serta password-nya untuk rekening bank dengan akun yang lain.

  • Pastikan validitas informasi dari sumber resmi

Apabila Neotizen menemukan transaksi mencurigakan di rekening pribadi, jangan ragu untuk segera hubungi Pusat Bantuan Bank Neo Commerce. Pastikan juga sumber informasi hanya berasal dari kanal resmi Bank Neo Commerce sebagai berikut:

Telepon: 021-1500-190

Email: customercare@bankneo.co.id

Instagram: https://www.instagram.com/bankneocommerce/

Twitter (X): https://twitter.com/bankneocommerce

TikTok: https://www.tiktok.com/@bankneocommerce

Facebook: https://www.facebook.com/bankneocommerce

YouTube: https://www.youtube.com/channel/UCg299vJCx1tqEv4vMoMIv3g

LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/pt-bank-neo-commerce-tbk

Itulah berbagai macam tips aman melakukan transaksi melalui kartu debit virtual yang bisa Neotizen lakukan. Semoga informasi di atas bisa membantu Neotizen agar lebih berhati-hati saat ingin melakukan sebuah transaksi.

***

PT Bank Neo Commerce Tbk berizin & diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).